Kamis, 14 November 2019 

BPK NTB Akan Melaksanakan Pemeriksaan Kinerja Tematik Pariwisata

26/09/2019 – 09:28

Indonesia merupakan salah satu destinasi pariwisata utama dunia dan Provinsi NTB menjadi salah satu destinasi unggulan bersama sepuluh destinasi lainnya di Indonesia. BPK Perwakilan Provinsi NTB sebagai isntansi yang memiliki tugas dan fungsi dalam melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan daerah memiliki andil dalam upaya peningkatan pariwisata NTB. Salah satunya adalah memasukkan pemeriksaan kinerja tematik pariwisata dalam rencana pemeriksaan semester II TA 2019. Guna mendukung rencana tersebut, pada hari Senin, 25 September 2019 dilaksanakan kegiatan Workshop dengan tema “Membangun Bersama Pariwisata Lombok Sumbawa Melalui Pemeriksaan Kinerja Tematik” di Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTB.

Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan, Hery Purwanto. Dalam sambutannya beliau berharap agar pemeriksaan kinerja tematik pariwisata yang baru akan dilaksanakan untuk pertama kalinya ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya para pelaku pariwisata. Menurut beliau, NTB memiliki potensi wisata yang besar, sehingga potensi tersebut harus bisa dimaksimalkan.

Narasumber pertama dalam workshop ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Moh. Faozal, dengan materi Arah dan Kebijakan Pariwisata di NTB, dilanjutkan oleh Kepala Perwakilan BPKP NTB, Agus Puruhitaarga Purnomo Widodo, dengan materi Pengawasan Industri Pariwisata di Provinsi NTB, dan terakhir pemaparan materi oleh HRD Manager Hotel Lombok Raya, I Ketut Purwata, dengan materi Perkembangan Tingkat Hunian Hotel Lombok Sumbawa, Strategi Peningkatan dan Harapan Dukungan Pemerintah Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Iklim Pariwisata NTB. Setelah pemaparan materi oleh narasumber acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.