Rabu, 11 Desember 2019 

Diklat Pengantar Pemeriksaan Kinerja

27/09/2019 – 17:30

Pemeriksaan semester II akan segera dimulai. Untuk mempersiapkan para pemeriksa  yang akan melakukan pemeriksaan kinerja, Subbag SDM bekerja sama dengan Badan Diklat BPK RI mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Pengantar Pemeriksaan Kinerja. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 27 September 2019 di Ruang Perpustakaan BPK Perwakilan Provinsi NTB.

Pemeriksaan kinerja berusaha melihat apakah hasil penggunaan anggaran sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai yang dicanangkan di awal program, apakah penggunaannya ekonomis, efisien, dan efektif. Pemeriksaan kinerja harus berperan dalam mendorong tercapainya tujuan program pembangunan dan mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat melalui rekomendasi yang tepat untuk perbaikan program-program pemerintah.

Hery Wahyu Wibowo selaku narasumber dalam diklat tersebut menjelaskan tentang konsep dan metodologi pemeriksaan kinerja, identifikasi jenis bukti dan metode perolehan bukti, perumusan kesimpulan pemeriksaan kinerja, dan penulisan laporan pemeriksaan kinerja. Dalam diklat tersebut juga dijelaskan tentang pemeriksaan kinerja pariwisata, karena salah satu pemeriksaan kinerja tematik BPK Perwakilan Provinsi NTB adalah Pemeriksaan Kinerja Pariwisata.