Rabu, 11 Desember 2019 

BPK NTB Kunjungi Suara NTB

08/11/2019 – 17:06

BPK Perwakilan Provinsi NTB kembali mengunjungi kantor Harian Suara NTB dalam rangka kegiatan media visit, pada 8 November 2019. Kepala Perwakilan, Hery Purwanto, didampingi oleh Kepala Subauditorat NTB II, Achmad Fauzi Amin, Kepala Subbagian Humas dan TU Kalan, Okta Anantyo Prasetyo, dan Kepala Subbagian Hukum, Andre Setyarso, bertemu dengan Pemimpin Redaksi Suara NTB, H. Agus Talino, Redaktur Pelaksana, Raka Akriyani, Koordinator Liputan/Redaktur, Mohammad Azhar, dan Koordinator Liputan Khusus/Wartawan, Haris Mahtul.

Dalam media visit tersebut, Kepala Perwakilan menjelaskan tentang pemeriksaan BPK, salah satunya adalah Pemeriksaan Kinerja Tematik Pariwisata yang baru dilaksanakan tahun ini di BPK Perwakilan Provinsi NTB. Pariwisata merupakan program unggulan dan prioritas di Provinsi NTB, tetapi masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dibenahi, baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat NTB untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada. Ada tiga poin penting dalam pengelolaan pariwisata, pertama adalah peran pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur, fasilitas umum, dan sarana prasarana. Kedua adalah peran serta masyarakat, seperti misalnya dibentuk Kelompok Sadar Wisata, yang berfungsi untuk membantu pemerintah dalam mengelola tempat wisata di daerahnya. Ketiga adalah target Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan pengelolaan tempat wisata yang baik maka diharapkan PAD juga dapat meningkat. Jika pemerintah daerah dan masyarakat dapat bekerja sama dalam pengelolaan tempat wisata dengan baik dan target PAD dapat tercapai, diharapkan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.

Saat ini BPK Perwakilan Provinsi NTB sedang melakukan Pemeriksaan Kinerja Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara. BPK berharap, hasil pemeriksaan ini nantinya dapat berguna untuk pembangunan pariwisata di NTB. Melalui kegiatan media visit ini, BPK NTB berharap semoga hubungan baik yang sudah terjalin dengan media dapat semakin baik lagi.